LAPORAN KEGIATAN

PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

SMK NEGERI 36 JAKARTA

Disusun oleh :

Nama             : Imam Maulana Ramadhan

Kelas              : XII

Jurusan         : Teknik Agribisnis Perikanan

DINAS PENDIDIKNAN PROVINSI DKI JAKARTA

SMK NEGERI 36 JAKARTA

Jl. Baru Kosambi III, Cilincing, Jakarta Utara 14110 Telp. (021) 4401523

2010

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan dari laporan prakerin di Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP) dan Direktorat Jendral Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjung Priok dengan ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 36 Jakarta untuk dapat disahkan :

Ditetapkan di Jakarta

Tanggal : 11 Januari 2010

Menyetujui,

Orang Tua                                                                                                  Peserta Didik

(       Taufiq       )                                                                                 ( Imam Maulana Ramadhan )

Mengetahui,

Ketua program keahlian                                             Wakabid. Humas/ Prakerin SMKN 36 Jakarta

Teknik Budidaya dan Pengolahan

Ir. Rosmawati Usman                                                    Drs. Hadir Sembiring

NIP/NRK132280344/161451                                         NIP/NRK  131602682/156010

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan Laporan Praktik Industri ini dapat terselesaikan dengan baik.

Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Praktik Industri ini adalah untuk melengkapi Persyaratan Kelulusan Tahun Pelajaran 2009/2010 di SMKN 36 JAKARTA

Adapun penyusunan Laporan Praktik Industri ini berdasarkan data-data yang saya peroleh selama melakukan Praktik Industri, buku-buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing maupun staff.

Saya  menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktik Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1.   Drs. Dedy dwitagama,M.M.M.Si, selaku Kepala SMK Negeri 36 Jakarta.

2.   Drs. Hadir Sembiring selaku WakaBid Humas SMKN 36 Jakarta.

3.   Rosmawati Usman selaku Ketua Jurusan Teknik Budidaya dan Pengolahan.

4.   Bapak/ibu guru SMKN 36 JAKARTA yang telah memberi bekal ilmu yang bermanfaat selama saya melakukan praktik kerja industri

5.   Kedua orang tua saya yang selalu memberikan dorongan serta semangat selama saya mengikuti praktik kerja lapangan

6.   Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas bantuan dan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Praktik Industri.

Semoga laporan ini memberikan manfat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penyusun kkhususnya.

Jakarta, 11 Januari 2010

Imam Maulana Ramadhan

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan……………………………………………………………………………………………. 1

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………………. .2

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………………. .3

BAB I  PENDAHULUAN

A.  Maksud dan Tujuan…………………………………………………………………………………………..4

  1. Tujuan Pendidikan Nasional…………………………………………………………………………….4
  2. Tujuan Pendidikan SMK…………………………………………………………………………………4
  3. Tujuan Program Keahlian……………………………………………………………………….. ……..5

4.   Tujuan Prakerin…………………………………………………………………………………………..5

B.   Sasaran Kegiatan…………………………………………………………………………………………….6

  1. Peserta Prakerin………………………………………………………………………………………….6

2.   Tempat Prakerin………………………………………………………………………………………….6

BAB II  PELAKSANAAN PRAKERIN

  1. Jadwal Kegiatan…………………………………………………………………………………………..9
  2. Pembekalan Prakerin…………………………………………………………………………………….9
  3. Uraian Kegiatan………………………………………………………………………………………….10
  4. Kendala dan Solusi Prakerin……………………………………………………………………… ……11

BAB III  PENUTUP

  1. Saran…………………………………………………………………………………………………… ..12
  2. Kesimpulan……………………………………………………………………………………………….12

Lampiran – lampiran………………………………………………………………………………………… …..13

BAB I

PENDAHULUAN

A. Maksud dan Tujuan

Maksud :

Prakerin adalah suatu system yang ada di smk yang di selenggarakan tidak hanya disekolah melainkan diluar sekolah seperti di industri,dunia usaha dan di masyarakat.

Tujuannya adalah agar siswa mengetahua prkerin yg sesungguhnya di luar sekolah atau di industri dan mendapat pengalaman kerja. Adapun tujuan lan dari kegiatan praktek kerja industri (prakerin) adalah untuk mengkaji dan mempelajari serta mempersiapkan diri untuk bekeja secara mandiri.

Tujuan:

1. Tujuan Pendidikan Nasional

Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa; Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2. Tujuan Pendidikan SMK

  1. Menyiapkan siswa agar memiliki kepribadian yang bermoral dan beretika sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan memiliki keahlian yang andal di bidangnya ( terutama di bidang akomodasi perhotelan, usaha jasa pariwisata dan boga ).
  2. Menyiapkan  siswa agar mampu menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi
  3. Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang terampil produktif untuk dapat mengisi lowongan kerja yang ada dan mampu menciptakan lapangan kerja terutama dibidang akomodasi perhotelan, usaha jasa pariwisata dan boga
  4. Memberikan peluang masa depan lebih baik, jika tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

3. Tujuan Program Keahlian

Di dalam sekolah menengah kejuruan (SMK) mempunyai banyak program keahlian, dari program keahlian teknik, perikana laut, pelayaran dan sebagainya. Program keahlian adalah suatu tempat yang mengajarkan keahlian tertentu dalam SMK. Dari program keahlian itu, kita dapat mempunyai suatu keahlian tertentu yang kita kehendaki. Dari itu, kita dapat mempelajari suatu keahlian, kita dapat mempelajari dari program keahlian yang kita kehendaki itu.

4. Tujuan Prakerin

Tujuan siswa SMK dalam mengikuti praktek kerja industri (prakerin) adalah mengenalkan kepada siswa SMK bagaimana berada di dunia usaha dan indusrtri atau pun sebuah perusahaan dalam prakerin siswa SMK berlatih untuk menggunakan keahliannya didalam dunia usaha dan industri. Prakerin juga melatih kita untuk hidup mandiri di kehidupan yang akan dating. Prakerin sangat wajib di ikuti oleh seluruh siswa SMK. Karena tanpa prakerin siswa SMK tidak tahu bagaimana ia akan berada di industri nantinya.

Dari prakerin, tingkat keahlian siswa SMK dinilai dalam sikapnya dan pola pikirnya didalam dunia usaha dan industri. Prakerin juga melatih siswa SMK untuk bersikap dewasa dalam dunia industri. Jadi siswa SMK harus mengikuti pakerin terlebih dahulu, jika ingin berada di dunia industri.

B. Sasaran Kegiatan

1. Peserta Prakerin

  1. Nomor Induk Siswa                : 6399
  1. Nama Lengkap                       : Imam Maulana Ramadhan
  1. Tempat & Tanggal Lahir         : Jakarta, 31 Maret 1992
  1. Kelas                                       : XII
  1. Program Keahlian                   : Teknik Agribisnis Perikanan
  1. Alamat                                     : Jl PLTGU Muara Tawar

Kp. Bendungan Rt 002 / 011

Kel. Pantai Makmur

Kec. Tarumajaya – Bekasi

2. Tempat Prakerin

I.  Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP)

II. DEPARTEMEN PERHUBUNGAN DIREKTORAT

JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK

- Uraian Prakerin

I. Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Dalam derap langkah BP3IP untuk memenuhi kebutuhan tenaga Ahli dibidang kepelautan khususnya Ahli Nautika dan Ahli Teknika Kapal Niaga, BP3IP Jakarta telah meluluskan banyak pelaut dalam berbagai jenjang program Diklat Kepelautan dan Diklat Keterampilan Khusus Pelaut.

Perkembangan BP3IP Jakarta dimulai pada :

  1. Tahun 1949 : Her Halings Cursus. Dengan tugas pokok Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pelaut untuk tingkat ijasah MPB-III dan AMK-A sampai dengan MPB-I dan AMK-C berdasarkan Diploma Reglemen tahun 1939.
  2. Tahun 1953 : Kursus Ulangan Tambahan Ilmu Pelayaran disingkat “KUTIP” , tugas pokok Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pelaut untuk tingkat ijasah MPB-III dan AMK-A sampai dengan MPB-I dan AMK-C berdasarkan Diploma Reglemen tahun 1939.
  3. Tahun 1978 : Balai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran disingkat “BP3IP”. Tugas pokok Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pelaut untuk tingkat ijasah MPB-III dan AMK-A sampai dengan MPB-I dan AMK-C berdasarkan STCW 1978.
  4. Tahun 2002 : Balai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran disingkat “BP3IP” . Tugas pokok Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pelaut pada semua jenjang Kompetensi Pelaut berdasarkan STCW 1978.
  5. Tahun 2005 : Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran disingkat “BP3IP” . Tugas pokok Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pelaut pada semua jenjang Kompetensi Pelaut berdasarkan STCW 1978.

BP3IP Jakarta dalam mengelola Program Diklat Kepelautan selalu mengutamakan mutu, oleh sebab itu tenaga Dosen / Pengajar / Instruktur adalah para Profesional yang sarat dengan pengalaman di bidang Keahlian Pelaut dan Pendidikan Kepelautan serta memiliki keunggulan kompetitif, terutama dalam menghadapi Era Globalisasi.
VISI

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan yang lulusannya unggul dan berdaya saing.

MISI

Mengoptimalkan kompetensi pelaut yang ada melalui diklat penyegaran dan peningkatan sesuai dengan Standard of Training Certification Watchkeeping for Seafarers dan amandemennya serta perundang-undangan Nasional.

II. DEPARTEMEN PERHUBUNGAN DIREKTORAT

JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK

Beberapa pekerjaan di DISTRIK NAVIGASI KELAS 1 TANJUNG PERIOK. Diantaranya:

  1. Membikin trails besi untuk di pakai di ruangan Kepala Distrik Navigasi
  2. Mengecat trails tersebut dengan menggunakan dua warana

warna dasar :  hijau

warna kedua:  puih

  1. Memperbaiki portal dan mengelas portal dengan menggunakan mesin mosa
  2. Memperbaiki bangku untuk rapat di ruang rapat
  3. Mengecat menara lampu
  4. Bonkar muat sembako ke kapal navigasi dan
  5. Bongkar muat berupa :

-tabung gas elpiji

-pelampung dan

-mesin kapal

- Proses Prakerin

I.  Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Kegiatan yang dilakukan pada saat prakerin, yaitu:

  1. Pengarahan
  2. Penempatan
  3. Observasi lapangan
  4. Pelaksanaan prakerin
  5. Konsultasi pembimbing prakerin
  6. Penyusunan
  7. Pengesahan
  8. Pamitan
  9. kembali kesekolah

II. DEPARTEMEN PERHUBUNGAN DIREKTORAT

JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK

Kegiatan yang dilakukan pada saat prakerin, yaitu:

  1. Pengarahan
  2. Penempatan
  3. Observasi lapangan
  4. Pelaksanaan prakerin
  5. Konsultasi pembimbing prakerin
  6. Penyusunan
  7. Pengesahan
  8. Pamitan
  9. kembali kesekolah

BAB II
PELAKSANAAN PRAKERIN

1. Jadwal Kegiatan Prakerin

I.  Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Senin – Kamis:

JAM KEGIATAN
07.30-12.00

12.00-13.00

13.00-16.00

Masuk – Praktek

ISOMA ( Istirahat Solat Makan )

Masuk – Praktek

Jum’at:

JAM KEGIATAN
07.30-12.00

12.00-13.00

13.00-16.30

Masuk – Praktek

ISOMA( Istirahat Solat Makan )

Masuk – Praktek

II. DEPARTEMEN PERHUBUNGAN DIREKTORAT

JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK

Senin – Kamis:

JAM KEGIATAN
08.00-12.00

12.00-13.00

13.00-16.00

Apel Pagi, Masuk, Praktek

ISOMA

Masuk – Praktek

Jum’at:

JAM KEGIATAN
08.00-12.00

12.00-13.00

13.00-15.00

Apel Pagi, Masuk,Praktek

ISOMA

Masuk – Praktek

2. Pembekalan Prakerin

Sebelum melakukan kegiatan praktek kerja industri (prakerin), kita harus mendapatkan suatu pembekalan yang berguna di perusahaan atau industri pembekalannya yaitu:

  • Melakukan pembelajaran teori saat berada di sekolahan
  • Melakukan pelatihan peraktek lapangan pada saat berada di sekolahan
  • Mengetahui info – info tentang kegiatan peraktek
  • Mendapatkan dan mendengarkan pengaruh dari humas sekolah yang bersangkutan dan
  • Menyiapkan mental kerja untuk berada di industri

3. Uraian Kegiatan Prakerin

Di Balai Pendidikan dan Penyegaran Pelaut Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Kami di ajarkan untuk menjadi pegawai yang baik dan disiplin, dan di ajarkan bagaimana mengoperasikan computer dengan baik.

Di DEPARTEMEN PERHUBUNGAN DIREKTORAT

JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK

Kami di ajarkan tata cara membuat trails besi mengelas, menggerinda, menggunakan mesin bubut, mengebor,belajar kelistrikan dan masih banyak lagi yang perlu kita pelajari

4.  Kendala dan Solusi

Ada beberapa kendala dalam melakukan kegiatan praktek kerja industri (prakerin)

Yaitu:

  1. Sulit untuk membuat trails besi dengan cara mengelas, kami baru pertama kali.
  2. Sulit untuk mengambil ilmu – ilmu yamg ada karena prakerin tersebut tidak sesuai jurusan, ilmu – ilmu yang di ambil seperti (mengelas, menggerinda, mengebor, ilmu dasar tentang kelistrikan, mengecat dll.
  3. Perjalanan yang jauh memerlukan waktu yang lama.

Solusi :

1. Bertanya pada pembimbing jika tidak mengerti.

2. Pelajari lagi apa yang belum bias kita kerjakan.

BAB III

PENUTUP

1. Saran

1.   Apabila memungkinkan, pihak sekolah bisa mengawasi siswa yang melakukan prakerin di Industri.

2.  Siswa prakerin disarankan untuk berkomunikasi yang lebih dekat dengan pihak industri sehingga siswa lebih terpromosikan kepada pihak industri.

3.   Siswa prakerin harus menjaga kesopanan di industri.

4.  Untuk mempermudah siswa mencari tempat praktik, pihak sekolah membuatkan daftar nama dan alamat industri yang sesuai dengan bidang keahlian.

2. Kesimpulan

Dengan melakukan kegiatan prakerin tesebut, kita akan memperoleh ilmu yang bermanfaat dan pengalaman berada didalam dunia industri  yang sebenarnya. Dan di industri berbeda di sekolah kita akan melakukan praktek yang sebenarnya dan dibimbing oleh para penbimbing yang seakan akan menjadi pengganti guru kita di sekolah maka dari itu kita harus selalu mentaati peraturan yang ada di industri dan menjaga nama baiknya, Kitapun menjaga nama baik sekolah kita dengan kedisiplinan waktu, kerapian, kejujuran, bersungguh – sungguh, jangan menyolong atau mencuri, selalu mendengarkan intruksi – intruksi yang di berikan para pembimbing dan berpegang teguh kepada diri kita masing – masing jangan terlalu percaya kepada orang lain.

Lampiran – lampiran

1. Jurnal Kegiatan Prakerin

2. Jadwal Kegiatan Prakerin

3. Daftar Pelaksanaan Kegiatan

4. Daftar DUDI Tempat Prakerin

5. Data Penempatan Peserta Prakerin di DUDI

6. Daftar Hadir Peserta Prakerin

7. Daftar Hadir Pembimbing Prakerin

8. Profil Kompetensi Bidang Keahlian

9. Rekap Nilai Hasil Prakerin

10. Foto – foto  Kegiatan Prakerin

About these ads